Pelayanan di McDonald's
Ini adalah tugas saya untuk mata kuliah "E-business and web develovment", pembahasan kali ini saya akan mengupas lebih banyak tentang CRM (customer relationship management), ya lebih tepatnya saya akan membahas tentang sistem pelayanan terhadap customer di Mcdonald's. siapa sih yang gak kenal kenal restoran ini, "McDonald's". semua orang sudah pasti tau, Mcdonald's sudah mendunia, sudah 25 tahun restoran ini melayani masyarakat di seluruh belahan dunia.
Jika anda memasuki gerai restoran Mc Donald's di manapun di seluruh dunia, apa aroma yang nampak seragam? Ya! Kualitas fastfood-nya seragam, keramahan pelayanan, kebersihan restoran dan tentu saja ada nila tambah lainnya. Memang sebagai suatu standar operasional sehari-hari Mc Donald's menerapkan suatu sistem yang dikenal sebagai "QSC&V", yaitu Quality (kualitas), Service (pelayanan pelanggan), Cleanliness (kebersihan) dan Value (nilai tambah yang diberikan ke pelanggan). Tulisan saya kali ini akan menyoroti keberhasilan Mc Donald ‘s dalam hal sumberdaya manusia.
McDonald's memberikan tempat lokasi bermain yang aman dan nyaman. Jika anda memesan baik drive thru maupun makan langsung di resto dengan pelayanan lebih dari 1 menit maka anda akan mendapatkan bonus free soft drink atau es krim. Pernah suatu ketika saya memesan Mc Donald's melalui delivery service ke rumah. Setelah saya bayar, ternyata pesanan yang saya terima tidak seperti yang saya pesan sebelumnya. Saya complaint langsung ke Mc Donald's dan setngah jam kemudian "perbaikan" pesanan datang malahan diberi 2 x lebih banyak plus ditambah member card Mc Donald's. Ini adalah salah satu nilai tambah sekaligus service suatu upaya Mc Donald's untuk tidak kehilangan pelanggannya. inilah slah satu cara McDonald;s cara mempertahankan pelanggannya. Mcd juga menjanjikan jika pesanan yang di order tidak datang tepat waktu, pihak mcd akan memberikan secara gratis makanan yang kita pesan.
nah, itulah salah satu pengalaman saya di gerai restoran McDonald's ini. pelayanannya yang sangat bagus, karyawan yang sangat ramah.
Mungkin hanya itu yang saya sampaikan di blog kali ini, dan itu juga sedikit pengalaman saya sendiri terhadap CRM yang ada ada di McDonald's. Terimakasih
Jika anda memasuki gerai restoran Mc Donald's di manapun di seluruh dunia, apa aroma yang nampak seragam? Ya! Kualitas fastfood-nya seragam, keramahan pelayanan, kebersihan restoran dan tentu saja ada nila tambah lainnya. Memang sebagai suatu standar operasional sehari-hari Mc Donald's menerapkan suatu sistem yang dikenal sebagai "QSC&V", yaitu Quality (kualitas), Service (pelayanan pelanggan), Cleanliness (kebersihan) dan Value (nilai tambah yang diberikan ke pelanggan). Tulisan saya kali ini akan menyoroti keberhasilan Mc Donald ‘s dalam hal sumberdaya manusia.
McDonald's memberikan tempat lokasi bermain yang aman dan nyaman. Jika anda memesan baik drive thru maupun makan langsung di resto dengan pelayanan lebih dari 1 menit maka anda akan mendapatkan bonus free soft drink atau es krim. Pernah suatu ketika saya memesan Mc Donald's melalui delivery service ke rumah. Setelah saya bayar, ternyata pesanan yang saya terima tidak seperti yang saya pesan sebelumnya. Saya complaint langsung ke Mc Donald's dan setngah jam kemudian "perbaikan" pesanan datang malahan diberi 2 x lebih banyak plus ditambah member card Mc Donald's. Ini adalah salah satu nilai tambah sekaligus service suatu upaya Mc Donald's untuk tidak kehilangan pelanggannya. inilah slah satu cara McDonald;s cara mempertahankan pelanggannya. Mcd juga menjanjikan jika pesanan yang di order tidak datang tepat waktu, pihak mcd akan memberikan secara gratis makanan yang kita pesan.
nah, itulah salah satu pengalaman saya di gerai restoran McDonald's ini. pelayanannya yang sangat bagus, karyawan yang sangat ramah.
Mungkin hanya itu yang saya sampaikan di blog kali ini, dan itu juga sedikit pengalaman saya sendiri terhadap CRM yang ada ada di McDonald's. Terimakasih
Komentar
Posting Komentar